Wednesday 29 January 2014

Windows XP Akan Tetap Dikenang Sepanjang Masa


Mungkin sampai saat ini dapat dikatakan produk paling sukses dari Microsoft adalah Windows XP. Sayangnya, operating system untuk komputer PC ini akan menemui ajalnya pada bulan April 2014 mendatang.

Tentu saja dengan keputusan bahwa Microsoft tidak akan lagi memberikan support kepada Windows XP sejak April depan tersebut membuat banyak penggunanya kecewa.

Namun, disadari atau tidak Windows XP masih tetap menjadi raja dari semua produk operating system PC besutan Microsoft. Hal tersebut dibuktikan dengan data yang ditunjukkan oleh StatCounter dengan mengambil sample dari Januari 2009 sampai dengan Januari 2014 ini.

Secara global, Windows XP masih tetap memimpin dengan perolehan sebesar 40,67 persen dari jumlah pengguna produk OS besutan Microsoft. Di posisi kedua ditempati oleh Windows 7 dengan perolehan sebesar 36,73 persen.

Windows Vista berada di urutan ketiga dengan perolehan sebesar 12,05 persen. Uniknya, walaupun dikatakan canggih dan dikatakan sebagai gabungan dari semua produk OS Microsoft, Windows 8 masih berada di urutan ke-5 dengan perolehan sebesar 1,49 persen.

Menurut catatan Net Applications, seperti yang dilansir Extreme Tech (20/01), Windows XP masih memiliki 29 persen pengguna secara global sampai bulan Desember 2013 lalu.

Dan menurut Bloomberg, 95 persen dari 420 ribu ATM di seluruh Amerika Serikat juga menggunakan Windows XP sebagai 'otaknya'.

Dengan keputusan Microsoft untuk tidak lagi memberikan support kepada Windows XP ini, maka memunculkan banyak tanggapan, seperti yang paling sering dilontarkan adalah karena lesunya pasar Windows 8 maka Microsoft mau tidak mau harus menjadikan Windows XP sebagai 'tumbalnya'.

No comments: